membuat gazebo kayu 2 lantai

desain gazebo kayu

Kebutuhan masyarakat saat ini terhadap tempat melakukan aktivitas tidak hanya diperlukan rumah saja tetapi berkembang juga kepada bangunan pendukung rumah itu sendiri, salah satu bangunan pendukung rumah adalah Gazebo.  Di benak kita, gazebo itu adalah bangunan sederhana yang difungsikan untuk tempat bersantai di halaman belakang rumah kita.  Mungkin kita terlalu jenuh berada di dalam rumah dan kita memerlukan tempat diluar rumah yang nyaman.  Masyarakat kita yang memiliki rumah dengan halaman cukup luas kemudian membuat gazebo untuk melakukan kegiatan serta menikmati pemandangan sekitar.

Gazebo salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya, banyak juga yang menyebut saung karena digunakan untuk tempat santai.  Dengan sisi yang terbuka, yang sedang berada di dalamnya dapat menikmati pemandangan taman dengan lebih bebas juga dapat menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang penutup pada tiap sisi.  

Suasana berkumpul bersama teman atau keluarga dapat terasa lebih akrab di gazebo.  Menghabiskan waktu di gazebo sambil menikmati taman untuk mengajarkan anak-anak sehingga suasana belajar tidak lagi menjadi suasana yang menakutkan bagi anak. Untuk memiliki gazebo yang nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuatnya.

Mengingat gazebo akan menjadi tempat untuk berkumpul, maka dibutuhkan desain rumah agar membuat ruang cukup luas supaya mereka yang ada di gazebo dapat menikmati keleluasaan tanpa mengurangi space untuk beraktifitas.

1. Membangun dinding

~memerlukan empat tiang di setiap sudut.  Buat lubang untuk penancapan tiang buat posisi tiang-tiang lurus dan tingginya sama rata.  
~ Pasang balok penguat yang dipasang tegak lurus terhadap tiang.  Ini adalah pekerjaan yang harus dilakukan oleh dua atau tiga orang.
~ Tambahkan jendela dimana kita bisa gunakan kayu dan jendela kaca bekas.

2. Membangun atap

Kita memerlukan 5 balok untuk atap.  Potong ujung tiap balok dengan sudut 45° dan pastikan menjaga sudutnya 45° agar bisa duduk rata di atas dinding.  Pasang balok-balok atap, pastikan bautnya tidak terlalu panjang agar ujung baut tidak sampai keluar dari tiang.  Pasang jendela, dan kita bisa memasang jendela di atap (jendela yang lebih kecil dari jendela dinding). 

3. Cat struktur gazebo

Kita bisa mengecat seluruh struktur kayu dengan warna yang diinginkan; cocok untuk penggunaan luar ruangan; bisa melindungi kayu dan memperpanjang umur struktur kayu gazebo. Tambahkan bahan penutup, kita bisa menggunakan alumunium atau fiberglass untuk atap. 

Buat gazebo yang unik dimana kita bisa menambahkan beragam tambahan pada gazebo.  Letakkan pot bunga atau pasang lampu untuk efek romantis dan isi dengan kursi dan meja bahkan tempat tidur.

Hanya imajinasi kita yang bisa membatasi kreasi.