Perbedaan Cover Letter dan Curriculum Vitae (CV)

MLP Translations - Translation, Proofreading, Content Writing

Cover letter menjadi hal yang sangat dipertimbangkan bagi sebagian besar rekruter saat seseorang melamar pekerjaan. Mungkin Anda berpikir bahwa resume atau CV sudah mewakili dokumen lamaran pekerjaan, tetapi cover letter bisa jadi nilai penting. Menulis cover letter berbeda dengan membuat CV atau resume.

Dalam menulis cover letter, masih banyak yang kebingungan dengan format dan struktur contoh cover letter Bahasa Indonesia yang benar. Terdapat sebagian orang yang masih sering salah menyamakan cover letter dengan lamaran formal atau bahkan formulir aplikasi lamaran pekerjaan. Agar tidak salah, Anda perlu mengetahui perbedaan  antara cover letter dan CV berikut ini.

Perbedaan Cover Letter dan Curriculum Vitae (CV)

Terdapat dua komponen penting yang bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk bisa tembus seleksi kerja. Kedua komponen tersebut adalah cover letter dan CV (Curriculum Vitae). Kombinasi CV dan cover letter yang disusun dengan baik bisa menjadi peluang untuk menunjukkan sisi terbaik Anda kepada perekrut. Anda perlu menguasai keduanya jika ingin dipertimbangkan untuk pekerjaan yang dilamar.

Pengajuan lamaran kerja Anda bisa dianggap biasa dan sama saja dengan kandidat lain jika tidak membuatnya dengan baik. Untuk bisa membuatnya dengan baik, Anda perlu memahami perbedaan antara cover letter dengan CV, agar dokumen pendukung tersebut bisa membuatmu lolos seleksi awal.

Cover letter dibuat secara singkat sedangkan CV cukup rinci dan panjang. CV menyertakan informasi mendetail tentang pengalaman kerja dan latar belakang akademis Anda. Sedangkan cover letter adalah dokumen ringkas yang menjelaskan mengapa Anda melamar pekerjaan tertentu. CV adalah dokumen yang sangat rinci yang mencantumkan pengalaman kerja, keterampilan, latar belakang pendidikan dan prestasi akademis lainnya dalam bentuk daftar list rinci disertai dengan keterangan deskripsi dan periode waktu.

Sesuai dengan namanya, cover letter adalah surat yang mencakup poin-poin penting dalam pengalamn dan keahlian Anda yang membuktikan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Tidak seperti list daftar pengalaman kerja yang biasanya ditemukan di CV, cover letter dibaca seperti surat yang member Anda kesempatan untuk menunjukkan contoh konkrit keahlian.

  Cover Letter CV
Konten Informasi general pengalaman dan skill spesifik yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar serta pencapaian khusus. Detail spesifik mengenai data dan fakta latar belakang pengalaman kerja dan akademis.
Format Paragraf dan kalimat List dan poin-poin.
Panjang Satu halaman. Bisa lebih dari satu halaman
Tujuan Memberikan informasi tambahan mengenai keahlian khusus dan pencapaian yang relevan dengan bidang pekerjaan Memberikan informasi rinci dan detail

Strukutur Cover Letter

Dalam membuat cover letter Bahasa Indonesia kamu perlu memahami strukutur paragraf pembuka, paragraph isi dan paragraph penutup. Pada paragraph pembuka, Anda bisa menyampaikan ketertarikan Anda dan latar belakang Anda yang relevan dengan bidang kerja yang Anda inginkan.

Pada paragraph isi, jelaskan pengalaman kerja yang berkaitan dengan lowongan secara detail, pencapaian selama magang. Bekerja atau akademis pun perlu disebutkan untuk menunjukkan secara garis besar mengenai kualitas Anda pada perekrut. Kemudian terangkan hal-hal yang dapat membuat Anda lebih unggul seperti penghargaan atau sertifikasi pelatihan. Kemudian cantumkan semua dokumen yang diajukan pihak rekruter.

Selanjutnya penutup, tutup email dengan sopandan Anda perlu menayampaikan harapan dan meyakinkan perekrut bahw pengalaman dan skill yang Anda miliki bisa membuat kontribusi yang positif pada perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *